6 Fakta menarik Jack Ma Yang di Kabarkan Hilang 2 Bulan

6 Fakta menarik Jack Ma Yang di Kabarkan Hilang 2 Bulan – Menurut laporan, Jack Ma, pendiri Alibaba dan Ant Group, hilang. Berbagai spekulasi tentang hilangnya Ma Yun mulai mengemuka. Jack Ma menghilang setelah mengkritik pemerintah China tentang sistem keuangan yang harus diganti.

6 Fakta menarik Jack Ma Yang di Kabarkan Hilang 2 Bulan

Sumber : liputan6.com

iraqi-japan – Usai melontarkan kritik, Jack Ma “menghilang” di depan umum selama kurang lebih dua bulan.

Jack Ma adalah pengusaha dan dermawan yang andal dengan kisah hidup yang menggembirakan. Banyak orang menganggapnya sebagai idola karena mereka bisa sukses meski mereka memulainya dari awal.

Simak Fakta menarik lainnya tentang Jack Ma yang dihimpun oleh today.line.

1. Pernah menjadi guru Bahasa Inggris

Sumber : liputan6.com

Jack Ma lulus dari Universitas Normal Hangzhou, sekarang dikenal sebagai Universitas Normal Hangzhou.

Tuan Ma lulus dari Jurusan Bahasa Inggris pada tahun 1988. Setelah lulus, pendiri Alibaba bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Hangzhou Normal University.

Selama menjadi guru, gaji Jack Ma sekitar US $ 12 hingga US $ 15 per bulan.

Pekerjaan ini telah diselesaikan selama lima tahun sebelum Tuan Ma memutuskan untuk memulai bisnisnya.

Baca juga : Bunuh Pria yang Akan Memperkosanya, Remaja NTT Jadi Tersangka

2. Pernah Ditolak Kerja di KFC

Sumber : youtube.com

Jack Ma adalah salah satu orang paling sukses di dunia. Dia adalah pendiri dari Alibaba. Membuat Alibaba menjadi e-commerce yang besar tidaklah mudah.

Sebelum Jack Ma menjadi sosok sukses, ia harus melalui masa-masa sulit. Pria itu lahir pada 10 September 1964 di sebuah keluarga miskin di Hangzhou, China. Keluarganya adalah korban Revolusi Kebudayaan Tiongkok.

Dalam kehidupan yang buruk ini, Jack Ma memiliki tekad yang tinggi, dan idenya digunakan di luar kotak. Fakta membuktikan bahwa ketika Ma Yun berusia 12 tahun, kefasihan bahasa Inggrisnya tidak cukup untuk membuatnya berani belajar bahasa asing sebagai operator tur selama delapan tahun.

Sebagai pemandu wisata gratis, ia rela naik sepeda selama 40 menit untuk mencapai hotel turis. Turis juga mengajari kuda berbicara bahasa Inggris. Dengan cara ini, dia mahir berbahasa Inggris dari yang dikelola Lu.

Ketika Ma Yun masih remaja, dia sama seperti remaja lainnya. Dia ingin melamar ke kampus Universitas Harvard yang terkenal di dunia. Dia mencobanya 10 kali untuk mendaftar ke Universitas Harvard, dan yang dia terima hanyalah sebuah surat penolakan, bukan surat penerimaan.

Karena penolakan tersebut, Jack Ma akhirnya masuk ke sebuah universitas yang kurang terkenal di Hangzhou, China.

Pada tahun 1995, Ma lulus dari universitas dan mencoba melamar pekerjaan. Saat itu, sebuah restoran cepat saji KFC sedang membuka lowongan kerja, dan dia mendaftar di sana. Namun, dari 24 calon yang melamar, hanya dia yang tidak diterima.

Kegagalan bekerja di KCF tidak membuatnya putus asa, Pak Ma mendapatkan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris dengan penghasilan bulanan $ 10.

Di tahun yang sama, ia berkesempatan mengunjungi Seattle sebagai penerjemah. Di sana, Jack Ma terkejut saat melihat komputer untuk pertama kali. Dia mencoba memodifikasinya dan membuka halaman pencarian dan mengetik “China”, tetapi dia tidak mendapatkan informasi apa pun.

Akhirnya, dia mulai dari sini untuk mempertimbangkan mendirikan perusahaan berbasis Internet di China. Sekali lagi, karena kecerobohannya, bahkan jika dia tidak mengerti apapun, dia tetap mendirikan perusahaannya sendiri. Tidak ada yang percaya bahwa dia akan berhasil membentuk perusahaan. Dia sering diejek karena ketidaktahuannya akan teknologi.

Tak hanya menyerah, perusahaan Alibaba pun didirikan pada 1999. Saat itu, Jack Ma mampu memanggil 10 rekannya untuk bergabung.

Dengan usaha Jack Ma, ia berhasil mengubah Alibaba menjadi e-commerce berskala besar. Padahal, jaringannya sudah tersebar di seluruh dunia.

Selama ini kekayaan Jack Ma bernilai US $ 61,3 miliar atau setara dengan Rp 800 triliun (dikutip dari Forbes).

20 tahun setelah Alibaba didirikan, pria berusia 56 tahun itu memutuskan untuk pensiun. Dia mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif Alibaba pada 2019.

Miliarder dari China ingin fokus sepenuhnya pada filantropi. Seperti yang kita ketahui bersama, Jack Ma mendirikan yayasan pendidikan pada tahun 2014 bernama Jack Ma Foundation.

3. 10 Kali ditolak masuk Harvard University

Sumber : jateng.tribunnews.com

Jack Ma berharap bisa melanjutkan pendidikan sarjananya di Harvard University yang menduduki peringkat nomor satu dunia. Sayangnya, setelah sepuluh aplikasi, tidak satupun dari mereka yang menyatakan diterima. Sebaliknya, semuanya hanyalah surat penolakan yang dikirimkan kepadanya.

Pada akhirnya, dia hanya diperbolehkan belajar sastra Inggris di universitas setempat di Hangzhou. Menurut pengakuannya di situs perusahaan, universitas ini merupakan universitas terparah di China.

4. Pebisnis teknologi yang awam dengan teknologi

Sumber : republika.co.id

Jack Ma lulus dengan jurusan bahasa Inggris dan memperoleh gelar master dalam administrasi bisnis.

Latar belakang pendidikan Jack Ma tidak ada hubungannya dengan teknologi. Namun pria kelahiran Hangzhou, China ini mampu membangun perusahaan teknologi terbesar China, Alibaba dan Ant Group.

Ma Yun pertama kali menjelajahi komputer dan Internet pada tahun 1995, ketika dia pergi ke Seattle di Amerika Serikat. Saat itu, Jack Ma mencoba mencari Yahoo dengan kata kunci “beer”.
Berhubung hasil yang ditampilkan bukan bir dari China, Jack Ma melihat potensi bisnis online negara itu sangat besar.

5. Tidak tampan dimata istri

Sumber : jalantikus.com

Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di China, dan di mata istrinya Zhang Ying, dia tidak tampan.

Zhang Ying bertemu Jack Ma di universitas untuk pertama kalinya. Setelah lulus, mereka memutuskan untuk menikah.

Yingying dari “Technology Times” mengatakan bahwa jika Jack Ma bukanlah pria tampan, dia memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan oleh pria tampan.

Inilah yang membuat Zhang Ying jatuh hati pada pendiri Alibaba.

6. Ahli Tai Chi

Sumber : cnnindonesia.com

Selain menjadi pengusaha dan dermawan yang andal, Jack Ma juga ahli dalam Tai Chi.

Padahal, Ma sudah mendalami seni bela diri ini sejak 1988. Bahkan, ia bahkan membuat film “Movie” bersama Jet Li dan Donnie Yen.

Dalam film ini, Jack Ma menunjukkan kepintarannya dalam Tai Chi. Saat menjalankan perusahaan, Jack Ma bahkan menggunakan Tai Chi yang menggabungkan ajaran Taoisme dan Budha.

Dalam ajaran Tao, tidak ada guru yang menginginkan siswanya gagal, dan keterampilan kepemimpinan yang baik tidak dapat memimpin. Hal tersebut dilakukan oleh Jack Ma yang tidak memanfaatkan karyawan barunya.

Baca juga : Mantan Karyawan Elon Musk Pemilik Tesla yang Meraih Kesuksesan

7. Tertarik pada dunia pertunjukan

Sumber : cnnindonesia.com

Fakta Jack Ma selanjutnya adalah ia memang tertarik dengan dunia akting. Orang tuanya juga sangat puas dengan dunia pertunjukan, sehingga hobinya menurun.

Para pendiri Alibaba dan Ant Group bahkan menampilkan “The Lion King” di ulang tahun kesepuluh Alibaba.

Pada 2017, di hari ulang tahun Alibaba, orang terkaya ke-17 dunia versi Forbes menunjukkan kemampuannya dalam memainkan lagu mendiang Michael Jackson, Billie Jean.

Selain Billie Jean, Jack Ma juga membawakan lagu BeyoncĂ© “Formation” dengan beberapa penari pendukung.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap