Informasi Terkini Seputar Hubungan Jepang dan Irak

Jepang dan Irak telah menjalin kerjasama selama kurang lebih 80 tahun. Ada banyak hal yang telah terjadi di Irak dalam beberapa tahun belakangan ini yang membuat negara ini mengalami kemunduran di berbagai sektor. Perlunya pembangunan ulang di wilayah yang terkena dampak perang adalah hal terpenting yang dipikirkan oleh pemerintah Irak. Lumpuhnya sarana dan prasarana membuat banyak masyarakat Irak menderita. Sebagian besar dari mereka kehilangan rumah, tidak mendapat listrik, minimnya air bersih dan banyak hal lain yan membuat hidup mereka kekurangan setiap hari. Jepang sebagai negara maju dan brkembang turut berempati dan menyampaikan sikap siap mendukung pemulihan infrasturktur dan perekonomian Irak.

– Kontribusi Jepang ke Irak
Jepang memberikan bantuan financial dan mengirimkan tenaga ahli mereka dalam rangka memebantu pemulihan kerusakan yang disebabkan peperangan dan membantu stabilitas Irak sejak tahun 2003. Jeoang telah memberikan bantuan uang sejumlah 8.9 juta Dollar Amerika untuk pembangunan di bidang listrik, air dan gas dengan total sebanyak 20 proyek terlaksana berkat bantuan dana tersebut.

Jepang juga memberikan pinjaman dalam bentuk mata uang yen kepada Irak untuk mendanai 28 proyek yang tersebar di seluruh wilayah Irak. Proyek pembangunan tersebut untuk wilayah Baghdad, Babil, Kurdistan, Muthanna, Basrah dan beberapa wilayah di Irak. Adapun pinjaman tersebut digunakan untuk pembangunan proyek pembangunan jalan, penambahan pipa mata air, pemerataan listrik, irigasi, proyek kesehatan, dan lain- lain.

Bantuan Kemanusiaan Jepang ke Irak sejumalh 460 juta Dollar Amerika juga telah diberikan bagi para pengungsi korban peperangan di Irak. Bantuan kemanusiaan itu terbagi menjadi 11 periode dengan waktu pemberian bantuan yang berbeda. Bantuan yang meliputi pemberian tenda, kebutuhan sehari- hari, kesehatam, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya.

Pemerintah Jepang juga memberikan bantuan berupa pakaian musim dingin kepada para pengungi. Pakaian yang diberikan dari brand ternama Jepang, yang bermerk UNIQLO. Jepang juga membagikan 50 bola kepada para pengungsi dan anak yatim piatu untuk memberikan semangat kepada mereka.

Informasi Terkini Seputar Hubungan Jepang dan Irak– Peluncuran Logo Resmi Hubungan Diplomatik Jepang dan Irak yang ke 80 tahun
Hubungan kerjasama yang terjalin antara Jepang dan Irak telah terjalin selama 80 tahun. Logo yang terpilih sabagai logo resmi yang menandakan 80 tahun berjalannya hubungan diplomatik antar kedua negara adalah milik Nooruldeen Ali Saeed, seorang siswa asal Irak yang bersekolah di Jepang.

Logo tersebut berisi gambar pohon ceri dan sakura yang saling bersebelahan tetapi merupakan satu kesatuan pohon. Logo tersebut menggambarkan hubungan kerjasama antara Jepang dan Irak yang telah terjalin dengan baik selama 80 tahun. Nantinya logo tersebut akan digunakan pada bulan November 2019 dalam, peringatan kerjasama antara dua negara.

Hubungan Jepoang dan Irak dalam kurun weaktu 80 tahun telah menjadi bukti kerjasama yang baik antara dua negara. Jepang telah memberikan dukungannya kepada Irak melalui bantuan financial dan tenaga dalam membangun infrastuktur serta perekonomian negara tersebut. Dalam peringatan ke 80 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Irak telah terpilih logo milikĀ  sebagai logo resmi peringatan kerjasama kedua negara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *