Kerjasama Pembangunan Iraq Dalam Situasi Krisis

Kerjasama Pembangunan Iraq Dalam Situasi Krisis – Kerjasama pembangunan Finlandia di Suriah dan di negara-negara tetangganya mempromosikan solusi berkelanjutan untuk konflik Suriah dan memperkuat hak-hak perempuan, anak-anak dan penyandang disabilitas.

iraqi-japan

Kerjasama Pembangunan Iraq Dalam Situasi Krisis

iraqi-japan – Pada tahun 2020, Finlandia berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja bantuan untuk 2.347 wanita di pusat pemberdayaan Oasis Wanita PBB di Yordania. Pusat-pusat serupa telah didirikan di kamp-kamp pengungsi Za’atari dan Azraq dan di berbagai lokasi di Yordania. Mereka menawarkan layanan kepada pengungsi Suriah dan wanita Yordania yang berada dalam posisi rentan. Foto: UN Women

Konflik Suriah, yang dimulai pada 2011, adalah salah satu krisis kemanusiaan terburuk di zaman kita. Dari orang-orang di Suriah, 90 persen bergantung pada bantuan eksternal. Karena perang, beberapa juta orang terlantar atau telah meninggalkan negara itu, dan kapasitas negara-negara tetangga untuk menampung pengungsi Suriah telah mencapai batas. Konflik tersebut telah meningkatkan ketidakstabilan di Timur Tengah dan konsekuensinya meluas ke situasi keamanan di Eropa.

Baca Juga : Mitra Paling Buruk Jepang Di Timur Tengah

Strategi Finlandia untuk kerjasama pembangunan dan bantuan kemanusiaan dalam krisis Suriah harus disesuaikan untuk mencerminkan tuntutan yang berubah, tetapi ini sulit karena perubahan konstan dalam konflik. Konsekuensi dari pandemi COVID-19 dan dampak perubahan iklim juga terlihat pada perkembangan di Suriah.

Saat ini, Finlandia dan Suriah tidak memiliki hubungan diplomatik. Di Suriah, Finlandia mengikuti kebijakan umum UE dan menekankan bahwa Finlandia dan UE harus memantau situasi dan menyesuaikan pekerjaan mereka dengan situasi yang ada pada waktu tertentu.

Finlandia ingin berpartisipasi dalam merumuskan solusi yang dapat berkontribusi untuk mengakhiri perang dan mengurangi penderitaan akibat perang. Tujuan kegiatan komprehensif Finlandia di Suriah dijelaskan dalam Program Negara untuk kerjasama pembangunan.

Pada 2021–2024, Finlandia akan berkonsentrasi pada penguatan inklusivitas proses perdamaian, akuntabilitas, dan penerapan pendekatan nexus dalam menanggapi krisis. Selain itu, Finlandia mempromosikan kesetaraan gender, hak-hak orang-orang yang termasuk dalam kelompok paling rentan, serta inovasi dan solusi baru untuk tantangan kemanusiaan dan lainnya.

Kerja sama pembangunan Finlandia di Suriah pada tahun 2021–2024

Dalam kerjasama pembangunan di Suriah dan wilayah tetangganya, Finlandia akan fokus pada pembangunan perdamaian dan penguatan hak-hak perempuan, anak-anak dan penyandang disabilitas. Finlandia bertujuan untuk mengalokasikan sekitar EUR 30 juta pada tahun 2021–2024 untuk tindakan yang mendukung respons terhadap krisis Suriah.

Selain itu, Finlandia akan mengarahkan bantuan kemanusiaan berbasis kebutuhan, yang akan disalurkan melalui organisasi PBB, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, dan organisasi masyarakat sipil Finlandia yang bergerak dalam bantuan kemanusiaan. Pada tahun 2020, bantuan kemanusiaan Finlandia ke Suriah berjumlah EUR 11,7 juta.

Selama periode program sebelumnya pada 2017–2020, dukungan Finlandia telah difokuskan terutama pada mempromosikan proses politik di Suriah dan bekerja melawan impunitas, mendukung kelompok orang yang paling rentan, dan membantu pengungsi di negara-negara tetangga Suriah.

Kerjasama pembangunan Finlandia mendukung proses perdamaian

Kerjasama pembangunan Finlandia mendukung partisipasi perempuan dan kelompok minoritas dalam proses perdamaian Suriah dan pembangunan politik.

Hasil yang diharapkan: Suriah memiliki kapasitas untuk pembangunan yang inklusif, damai dan demokratis

  • Kerjasama antara pihak-pihak dalam proses perdamaian diperkuat
  • Perempuan mampu berpartisipasi dalam proses perdamaian dan rekonstruksi Suriah
  • Solusi rakyat Suriah sendiri adalah inti dari proses perdamaian

Program dan proyek yang sedang berjalan

Dukungan untuk mediasi dan pekerjaan perdamaian oleh UN Women dan Berghof Foundation Pada tahun 2021, Finlandia akan menyalurkan sekitar EUR 1,3 juta untuk pekerjaan mediasi yang terkait dengan krisis Suriah.

Kerjasama pembangunan Finlandia mempromosikan kesetaraan gender

Dalam kerjasama pembangunan untuk memperkuat kesetaraan, Finlandia berfokus pada peningkatan posisi dan hak-hak perempuan dan anak perempuan di Suriah, Yordania dan Lebanon, yang terkena dampak krisis Suriah.

Hasil yang diharapkan: Hak-hak perempuan dan anak perempuan terwujud

  • Perempuan memiliki akses ke layanan kesehatan seksual dan reproduksi
  • Ada lebih sedikit kekerasan berbasis gender
  • Wanita telah meningkatkan peluang untuk mencari nafkah atau menjadi wiraswasta
  • Program dan proyek yang sedang berjalan
  • Proyek Idul Fitri bi Idul Fitri PBB di Yordania untuk memberdayakan perempuan di komunitas pengungsi dan tuan rumah
  • Program regional UN Women 1325

Pada tahun 2021, kerjasama pembangunan Finlandia yang dialokasikan untuk mendukung realisasi hak-hak perempuan dan anak perempuan di negara tetangga Suriah akan sekitar EUR 1,8 juta. Selain itu, Finlandia menyalurkan dana kemanusiaan, misalnya, untuk mendukung United Nations Population Fund (UNFPA) di Suriah, yang berfokus pada penyediaan layanan kesehatan seksual dan reproduksi.

Kerjasama pembangunan Finlandia untuk meningkatkan hak anak dan penyandang disabilitas

Finlandia mempromosikan akses anak-anak ke pendidikan dan dukungan sosial, mengembangkan layanan yang ditujukan untuk penyandang disabilitas, dan berkontribusi secara luas terhadap inklusi disabilitas di masyarakat.

Hasil yang diharapkan: Hak anak dan penyandang disabilitas terwujud

  • Anak-anak yang terkena dampak konflik Suriah memiliki kesempatan yang lebih baik untuk pendidikan
  • Keluarga dalam situasi yang paling rentan telah meningkatkan akses ke layanan kesejahteraan sosial
  • Dukungan dan peluang pendapatan tersedia bagi penyandang disabilitas
  • Program dan proyek yang sedang berjalan
  • UNICEF No Lost Generation Lebanon
  • UNICEF No Lost Generation Suriah
  • UNDP Mendukung ketahanan masyarakat melalui inklusi disabilitas

Pada tahun 2021, dukungan Finlandia yang ditujukan untuk meningkatkan hak anak-anak dan penyandang disabilitas yang terkena dampak krisis Suriah akan berjumlah sekitar EUR 5 juta.

Baca Juga : Alasan Kenapa Taliban Mengambilalih Timur Tengah

Mitra kerja sama Finlandia di Suriah

Finlandia mengarahkan dukungannya terhadap dampak krisis Suriah terutama kepada organisasi multilateral, seperti mekanisme pendanaan bersama yang dikelola oleh organisasi-organisasi PBB.

Beberapa organisasi masyarakat sipil (CSO) Finlandia sedang melaksanakan proyek-proyek di Suriah dan negara-negara tetangganya bekerja sama dengan organisasi-organisasi lokal.