Melalui Kedutaan Besar Jepang di Irak, Jepang Memberikan Hibah Baru

By in
No comments

Antara Jepang dengan Irak memang terjalin hubungan yang sangat baik. Sebagai salah satu buktinya, kedutaan besar kedua negara di masing-masing negara tersebut pun benar-benar menjaga setiap hubungan yang sedang terjadi. Salah satunya yang baru saja dilakukan adalah bantuan pemerintah Jepang kepada Irak berupa hibah baru yang belum lama ini ditetapkan. Tepatnya pada tanggal 1 Februari tahun 2018, pemerintah Jepang melalui kedutaan besarnya di Irak telah memutuskan untuk memberikan hibah baru berupa paket bantuan kemanusiaan dan juga untuk stabilisasi keadaan, dengan nilai sekitar 100 juta dolar Amerika Serikat.

Ini dilakukan Jepang dalam rangka mendukung penuh setiap proses stabilisasi yang dilakukan oleh Irak, termasuk baru-baru ini yang sedang terjadi yaitu daerah Irak yang baru saja dibebaskan dari ISIL. Tepatnya di tanggal 9 Desember 2017, Irak telah membebaskan penuh daerahnya dari ISIL. Menanggapi hal ini, Jepang memberikan bantuan yang bertujuan untuk membantu situasi kemanusiaan yang tidak begitu baik. Harapannya, bantuan ini diberikan agar bisa disebarkan secara merata untuk berbagai aspek sekaligus.

Dalam bantuan hibah baru Jepang ke Irak, Jepang berharap agar bantuan ini dapat disalurkan ke masyarakat irak dalam hal ketahanan pangan untuk masyarakat. Hal ini untuk memperbaiki nilai gizi masyarakat irak yang terkena dampak dari daerah yang dibebaskan. Selain ketahanan pangan, lingkungan pun juga turut dijadikan pengharapan Jepang untuk Irak. Dengan adanya bantuan ini, Jepang berharap keadaan air di wilayah setempat dapat terjamin kualitasnya, sehingga masyarakat yang banyak mempunyai hobi poker online ini tidak akan kesulitan dalam mencari air bersih. Sanitasi pun juga mendapatkan perhatian dari pemerintah Jepang.

Dengan baiknya sanitasi, maka kehidupan masyarakat pun bisa meningkat seiring perkembangannya. Sebagai upaya Jepang dalam berkontribusi ke Irak dalam hal perlindungan, bantuan ini juga diberikan untuk berbagai pelatihan dan perlindungan yang dapat ditingkatkan. Demikian pula untuk infrastruktur, Irak akan memperbaikinya dan salah satu sumber pembiayaannya adalah bantuan dari pemerintah Jepang kepada Republik Irak.

Jepang sangat menaruh perhatian kepada Irak, dan untuk saat ini sedang terfokus ke pengungsi internal, pengungsi yang berasal dari Suriah, serta masyarakat yang memang menjadi tuan rumah di Mosul. Irak di tengah pembangunannya pun juga mengapresiasi bantuan dari jepang, dan menganggap ini adalah salah satu upaya Jepang dalam mempererat hubungan persaudaraan keduanya. Demikian pula Irak yang selalu memberikan bantuan dan dukungan kepada Jepang saat negara sakura itu sedang mengalami suatu hal yang memang membutuhkan bantuan dari Republik Irak. Keduanya akan saling membantu dalam hal kebaikan dan menjaga stabilitas hubungan di antara keduanya. Harapannya, hubungan yang baik ini akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *