Program Beasiswa Jepang untuk Irak

Pendidikan adalah salah satu hal terpenting yang harus didapatkan oleh semua individu. Akan tetapi, karena peperangan dan konflik yang terjadi di suatu negara, seringkali rakyatlah yang harus menanggung penderitaan karena konflik tersebut. Dalam upaya pembangunan kembali Irak di segala aspek kehidupan, pemerintah Jepang memberikan program beasiswa untuk pelajar Irak. Program beasiswa ini diharapkan dapat membantu Irak pulih dari keterpurukan dan menata kembali negaranya melalui para generasi mudanya.

Program MEXT

Program MEXT (Program Beasiswa Jepang)
MEXT adalah program beasiswa dari Pemerintah Jepang untuk para siswa ataupun pelajar yang ingin melanjutkan studi di jepang. Program beasiswa ini berasal dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Program ini lebih dikenal luas oleh masyarakat dengan sebutan MEXT atau Monbukagakusho. Melalui beasiswa ini, setiap siswa berhak mendapatkan biaya studi dan biaya hidup selama mereka bersekolah di Jepang. Program ini juga dikenal sebagai program beasiwa tanpa ikatan dinas, sehingga menguntungkan bagi para siswa nantinya.

Pada Program Beasiswa MEXT ini, siswa dapat mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan kualifikasi pendaftaran melalui website ataupun dengan mendatangi kedutaan besar Jepang di Irak. Program beasiswa ini terdiri dari beberapa tipe program beasiswa, antara lain Research Student (mahasiswa peneliti), Teacher Training Student (Program Pengajaran), Undergraduate Students (Jenjang S1), Japanese Studies Student (pendidikan bahsa Jepang), College of Technology Student ( studi teknik) dan Special Training College Studen ( sekolah keahlian khusus).

Para siswa yang akan mengikuti program beasiswa dari MEXT harus memenuhi kriteria atau rekomendasi dari kedutaan Jepang di Irak, atau rekomendasi dari Universitas di Jepang tempat dia akan bersekolah, ataupun diseleksi oleh Universitas di Jepang dimana siswa tersebut telah atau sedang mengikuti pendidikan di universitas itu.

Penjelasan Tipe Beasiswa MEXT
Tipe beasiswa pertama ari program beassiwa Jepang adalah research student (mahasiswa peneliti). Untuk mengikuti seleksi beasiswa ini, pelamar harus mengikuti beberapa tes seleksi yang meliputi test tulis dan wawancara. Pengumuman lanjutan akan diberikan setelah pelamar menulis letter of acceptance untuk dikirm ke pihak MEXT.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang juga memberikan kesempatan bagi generasi muda Irak untuk mengikuti pendaftran beasiswa dengan kategori Teacher Training Student (Program Pengajaran). Program ini diperuntukkan bagi para guru Irak untuk belajar guna mengingkatkan kualitas pengajaran mereka nantinya sesuai dengan bidang yang dikuasai. Disini, para guru akan diwajibkan untuk belajar bahsa Jepang sebagai bekal awal mereka dalam pelatihan. Lamaya program pelatihan ini kurang lebih 1 tahun 6 bulan.

Pada program jenjang S1 . para siswa akan belajar di Universitas Jepang sesuai dengan program yang mereka ikuti. Dalam pendidikan bahasa Jepang, para siswa akan mempelajari bahasa dan kebudayaan Jepamng secara mendalam. Pada progam studi teknik dan sekolah keahlian khusus, para siswa akan belajar mengenai suatu keahlian yang dapat mereka gunakan sekembalinya mereka ke Irak.
Hubungan anatara Jepang dan Irak telah terjalin selama 80 tahun. Dari hubungan tersebut telah terbuka banyak kesempatan yang dapat memajukan kesejahteraan antara kedua negara. Melalui program Program Beasiswa Jepang (MEXT), para generasi muda di Irak dapat mendapatkan kesempatan baik untuk belajar dan berkembang menjadi para professional yang dapat memajukan Irak di masa yang akan datang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *